Tips Menata Kamar Mandi Kecil

This slideshow requires JavaScript.

Vaastu Arsitektur Studio – Kita sering kali dihadapkan dengan permasalahan penataan untuk kamar mandi yang berukuran kecil tetapi harus memuat semua fungsi yang dibutuhkan untuk bisa mendukung aktifitas kita setiap harinya. Untuk membantu menata kamar mandi kecil anda, maka kami memberikan beberapa tips yang dapat menjadi refrensi untuk anda. Berikut dibawah ini adalah tips yang berhasil kami kumpulkan :

  1. Tempatkan furniture yang tepat.

    Menempatkan furniture yang tepat di kamar mandi, dapat menciptakan ruangan yang lebih luass di dalam pengaturannya.

  2. Selalu sediakan Jet Shower dan Tissue Holder pada sisi samping toilet.

    Terkadang kita suka melewatkan pemasangan Jet Shower dan Tissue Holder. Padahal kedua item ini memegang peranan penting pada kelengkapan fungsi di kamar mandi. Dengan adanya kedua item di atas dapat menjaga kebersihan dan menghindari kamar mandi dari genangan air.

  3. Tentukan Material


    Pada kamar mandi yang berukuran kecil, disarankan menggunakan hanya satu jenis material. Contohnya menggunakan marmer yang berwarna cerah.

    Apabila ingin menggunakan lebih dari satu material, disarankan memilih material yang memiliki warna-warna cerah untuk memberikan kesan yang lebih luas. Dalam pemilihan warna dinding, pilihlah warna yang senada dengan tingkatan gradasi dari warna tua ke warna yang lebih muda.

  4. Manfaatkan Pembatas Kaca


    Dengan menggunakan pembatas kaca untuk memisahkan area shower dengan wastafel dan toilet, dapat mengesankan ruangan yang tidak mengalami pengurangan ukuran serta perasaan sempit pada ruang shower.

  5. Berikan Kode Warna Pada Handuk

    Berikan kode warna pada tiap-tiap handuk yang digunakan oleh tiap anggota keluarga dan tamu. Ini untuk menghindari tertukar satu dengan yang lainnya serta memudahkan di dalam penyimpananya.

  6. Kabinet Tanpa Pintu Untuk Handuk

    Susun persedian handukmu di dalam cabinet tanpa pintu dan fungsikan atas kabinet sebagai ruang penyimpanan tambahan. Susun semua handuk ditempat yang mudah dilihat sehingga memudahkan dalam memantau persedian handuk. Apabila pada kabinet ada bagian rak yang terbuka dapat difungsikan sebagai tempat toples untuk kapas dan tempat penyimpanan sabun.

  7. Tempatkan Rak Diantara Wastafel dan Cermin

    Pada area antara wastafel dan cermin, berikanlah tambahan rak untuk penempatan sikat gigi, sabun, sampo dan kosmetika yang rutin digunakan.

  8. Manfaatkan Ruang Bawah Wastafel

    Rak di bawah wastafel dapat difungsikan sebagai tempat penyimpanan tambahan pada area kamar mandi. Peralatan yang dapat diletakkan diarea ini adalah hairdryer, kosmetik, perlengkapan untuk menyikat gigi, tempat sampah dan lain-lain.

  9. Pemasangan Palang Gantungan Handuk

    Untuk kerapihan menyusun handuk di kamar mandi, kamu dapat menggunakan palang yang dipasang pada dinding. Palang biasanya menggunakan material kayu, rottan atau stainlless steel dan berfungsi sebagai tempat gantungan handuk yang telah terpakai. Untuk mencegah palang terjatuh, maka berikan karet penahan sebagai pengganjal pergerakkan tongkat palang. Anda juga bisa mengencangkan pemasangan tiang palang dengan sistem menggantung dengan menggunakan kait yang biasa digunakan untuk menahan palang korden.

  10. Pasangkan Gantungan Handuk Pada Pintu

    Ketika tidak ada tempat untuk meletakkan penggantung handuk. Kamu bisa memasang penggantung handuk pada pintu kamar mandi. Hal ini adalah cara yang bagus dan memanfaatkan ruang dengan effisien.

  11. Penataan Barang Pada Lemari Kaca Gantung

    Kelompokkan barang yang akan diletakkan pada lemari kaca anda sesuai dengan kegunaannya. Ini akan mudahkan anda untuk menemukan ketika dibutuhkan serta mengetahui ketersedian barang tersebut.

  12. Merapikan Tirai Shower

    Satu cara untuk membuat kamar mandi terlihat rapi adalah dengan membuat “keliman” 5cm diatas lantai pada tirai shower anda. Tirai akan terlihat rapi dan tidak mengumpulkan debu pada lantai sertamenghindari kelembapan diantara lantai dengan tirai.

  13. Pemanfaatan Ruang diantara Pintu dan Plafon

    Manfaatkanlah ruang antara pintu dengan plafon dengan menambahkan rak yang dapat difungsikan sebagai ruang penyimpanan tambahan pada kamar mandi anda.

  14. Berfikirlah Dari Atas Ke Bawah

    Tidak ada ruang untuk Rak Kamar Mandi? Gunakanlah gaya kamar mandi hotel dengan memasang rak bersusun yang diposisikan dekat dengan bathtub untuk meletakkan handuk dan pakaian ganti yang dipersiapkan.

  15. Perletakkan Tempat Sampah

    Apabila dibawah wastafel dimanfaatkan sebagai kabinet tempat penyimpanan tambahan, maka tempat sampah dapat dipasangkan pada daun pintu kabinet bawah. Apabila harus terekspose, maka letakkan tempat sampah dekat dengan wastafel dan toilet.

  16. Ruang Penyimpanan Tambahan

    Apabila ruang kamar mandi anda berada di area bawah tangga dan bordes. Maka untuk area dibawah bordes, dapat difungsikan sebagai area penyimpanan tambahan pada kamar mandi kering anda

    Semoga tips-toops diatas dapat membantu dalam penataan kamar mandi kecil anda.

    Sumber :

    Picture : http://www.marthastewart.com/868285/organized-bathrooms/@center/276989/organizing

About these ads

Tentang vaastustudio

Berawal dari kecintaan kepada dunia desain, terbentuklah Va'astu Arsitektur Studio yang bergerak dalam ruang lingkup Arsitektur dan Desain Interior. Va'astu Arsitektur Studio selalu berusaha memberikan warna kepada hidup anda dengan desain yang dinamis, menarik dan anggaran yang terkontrol serta terjangkau. Misi Va'astu Arsitektur Studio adalah "Selalu berusaha mewujudkan mimpi desain ideal anda menjadi nyata" Email : vaastu.arsitektur@yahoo.co.id Office : 021 - 70507149 Mobile : 081999299039
Tulisan ini dipublikasikan di INTERIOR DESIGN, KAMAR MANDI, TIPS AND TRICK, TOPIK INTERIOR dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tips Menata Kamar Mandi Kecil

  1. Ping balik: Menyiasati Kamar Mandi Mungil 1,5m x 1,3m | Vaastu . Arsitektur . Studio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s