Tips Dekorasi Menyambut Natal

This slideshow requires JavaScript.

Karena Natal sudah tinggal menghitung hari, maka tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk menghias dan mendekorasi rumah dengan nuansa natal. Akan tetapi karena keterbatasan ide kreatif, kadang kala dekorasi natal yang itu-itu saja membuat natal jadi terasa kurang menarik.

Dekorasi natal yang menarik dan ‘gemerlapan’ tidak selalu berbiaya mahal. Kita hanya perlu tahu tips yang diperlukan untuk mendekorasi interior natal. Berikut adalah tips yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber .

  1. Tentukan tema dekorasi untuk Natal anda pada tahun ini.

    Penentuan tema akan membantu dalam menciptakan kesan dan rencana acara yang seru untuk keluarga anda pada malam atau hari natal. Serta libatkanlah seluruh anggota keluarga untuk memberikan ide tema natal, ini akan menumbuhkan semangat mereka dalam menyambut natal.

    Maka, Tentukan tema dekorasi yang Anda inginkan. Misalkan untuk tema utama adalah natal, tetapi agar tidak terkesan monoton anda bisa memilih sub tema lainnya.

    Sub tema natal bisa berupa diorama cerita natal atau bisa ditentukan berdasarkan warna ruangan serta suasana yang ingin ditampilkan. Untuk melihat contoh perpaduan tema natal dan sub temanya, Anda dapat berkunjung ke mall-mall, perhatikan perpaduan masing-masing tema natal yang berbeda satu sama lain, tetapi tetap menciptakan satu kesatuan akan suasana Natal sehingga membuat kita betah berlama-lama melihat dekorasi natal mereka yang kreatif.

    Beberapa sub tema dekorasi natal yang bisa Anda pilih misalnya: Maria dan Yusuf di kandang domba, perjalanan orang majus, gembala bersama malaikat, pohon natal (biasa) dan lain-lain. Semuanya terserah Anda. Dengan memilih salah satu tema dan sub tema untuk dekorasi rumah maka natal di rumah Anda, akan membuat tamu betah berkunjung.

  2. Rajin-rajinlah mencari refrensi foto

    Mencari refrensi sangat penting untuk menentukan pernak-pernik seperti apa yang harus dibeli atau sudah cukup dengan hanya me”re-touch” saja pada pernak-pernik lama anda.

  3. Tentukan budget untuk tiap-tiap pos dalam mewujudkan tema natal anda

    Setelah tema dan refrensi telah di dapat, anda dapat membuat rencana pengeluaran dan lamanya pengerjaan serta kandidat siapa yang anda percayakan untuk tiap-tiap pos. Hal ini untuk menghindari pengeluaran yang tidak terkendali sehingga menghindari pemborosan.

    Untuk memangkas budget yang lainnya, kita dapat mencari refrensi bagaimana cara membuat pernak-pernih natal dengan me”re-touch” pernak-pernik lama anda sehingga dapat sesuai dengan tema dan sub tema yang telah disepakati bersama seluruh anggota keluarga. Dengan mengerjalan secara bersama-sama, maka akan membuat anda dan keluarga makin meresapi tema natal pada tahun ini.

  4. Hiaslah Kamar Mandi atau Dapur dengan Dekorasi Natal yang Simpel

    Christmas-Tree-Decorating-Ideas-dining-tableUntuk hiasan yang akan diletakkan pada kamar mandi, pilihlah ornamen-ornamen Natal yang tidak mudah pecah di dekat bathup atau wastafel Anda.

    Area dapur atau ruang makan dapat juga diberi sentuhan suasana natal dengan menggunakan peralatan makan khas natal. Saat makan bersama keluarga di malam natal gunakan pernak-pernik yang memiliki nilai aksen natal yang kuat.

  5. Berikan sentuhan permainan lampu di Ruangan Anda

    Christmas Tree LightingJangan takut memberikan sentuhan permainan lampu pada tiap ruangan yang akan digunakan sebagai ruang kumpul keluarga besar. Pilihlah warna lampu yang memiliki banyak variasi, tetapi pilihlah yang sesuai dengan tema dan selera anda.

    Pilihan warna cahaya bisa bervariasi tergantung selera Anda. Anda bisa memilih warna putih untuk menciptakan kesan bersih, oranye untuk kesan hangat, ungu muda untuk kesan elegan dan agung, atau hijau dan merah untuk nuansa natal eropa. Kalau Anda ingin lebih berkreasi, gunakan spot light (lampu sorot) yang tidak terlalu mencolok untuk menyoroti fokus dekorasi natal Anda (misalnya pohon Natal).

  6. Pohon Natal
    Tidak perlu pohon yang baru untuk merayakan natal. Anda bisa menggunakan pohon lama yang digunakan tahun-tahun sebelumnya. Agar tampak seperti baru, cukup mencuci pohon atau cukup dilap dengan kain basah.
  7. Memberikan Hiasan pada Tangga
    Christmas-Tree & Ornament on the stairAgar tangga terlihat cantik, gunakan pita dan bunga-bunga kering. Untuk bunga kering, carilah refrensi sebagai panduan Anda untuk mulai berkreasi dengan memanfaatkan bunga yang telah layu.

    Jangan takut bereksperimen dengan menambahkan ornamen lain pada hiasan tangga agar terlihat meriah dan cantik.

  8. Mempersiapkan Kaos Kaki dan Kado
    Siapapun menyukai kado terlebih anak-anak, agar hadian tidak melebihi budget maka berikan hadiah yang bermanfaat, seperti perlengkapan sekolah dan mainan-mainan edukasi.

Sekian tips dan trik yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber. Kalau Anda punya tips sendiri, jangan ragu untuk berbagi. Selamat mencoba dan selamat Natal.

Sumber :

Picture :

http://minimalisthousedesign.com/christmas-tree-decorating-ideas/

http://homeautodesign.com/2011/12/special-christmas-interior-decorate/

Tulisan :

http://www.perempuan.com/read/dekorasi-natal-dengan-low-budget

http://pargodungan.org/tips-dan-ide-kreatif-dekorasi-natal-di-rumah-anda/

About these ads

Tentang vaastustudio

Berawal dari kecintaan kepada dunia desain, terbentuklah Va'astu Arsitektur Studio yang bergerak dalam ruang lingkup Arsitektur dan Desain Interior. Va'astu Arsitektur Studio selalu berusaha memberikan warna kepada hidup anda dengan desain yang dinamis, menarik dan anggaran yang terkontrol serta terjangkau. Misi Va'astu Arsitektur Studio adalah "Selalu berusaha mewujudkan mimpi desain ideal anda menjadi nyata" Email : vaastu.arsitektur@yahoo.co.id Office : 021 - 70507149 Mobile : 081999299039
Tulisan ini dipublikasikan di INTERIOR DESIGN, PARTISI & ORNAMEN, TIPS AND TRICK, TOPIK INTERIOR dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s