Tips Memilih Gorden dan Cara Mendekorasinya

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Vaastu Arsitektur Studio – Tulisan ini berdasarkan pengalaman di waktu dzuhur menuju ashar di salah satu toko Gorden. Sudah hal yang biasa ketika kita merenovasi interior ruang, kadang kita juga mengganti gorden dengan tipe yang terbaru. Tetapi sering sekali tidak tahu ingin mengganti gorden dengan model, tipe dan bahan material yang seperti apa.

Gorden biasanya dipasang pada jendela, pintu, atau penghubung antar ruangan. Salah satu fungsi gorden adalah sebagai penghalau agar aktivitas di dalam ruangan tidak terlihat atau sekedar pembatas. Fungsi lainnya juga mampu mencegah masuknya sinar matahari ke dalam ruangan. Sinar matahari yang terik dapat mengganggu kenyamanan penghuni dalam ruangan juga dapat merusak perabot yang ada di sekitarnya.

Untuk mendapatkan suasana atau nuansa tertentu dalam suatu ruangan, anda dapat memilih model, motif dan warna gorden yang sesuai. Tetapi untuk mengantisipasi kebingungan dalam memilih ada baiknya mempertimbangan beberapa hal dibawah ini.

Kenali tema ruang anda

Dalam tahapan ini, anda harus lebih peka terhadap tema ruangan anda (Apakah bertema desain klasik, tradisional, minimalis, modern tradisional, futuristik, dll). Apabila pada awal perencanaan tema desain ruangan telah ditentukan, maka hal ini akan sangat memudahkan di dalam pemilihan tipe korden pada masing-masing ruang.

  • Gaya Minimalis

 untuk ruangan bergaya minimalis. Gorden model ini umumnya terbuat dari kain polos (tidak bermotif) atau motifnya kecil-kecil sehingga kain terlihat “bersih”. Atau tipe dan warna korden dengan motif yang bersifat sederhana dengan bentukkan simple atau dengan menggunakan warna-warna natural yang solid. Karena gaya ini lebih mengutamakan tekstur dan rel gorden sengaja di ekspos.

  • Gaya Klasik dan Modern Klasik

Untuk yang bergaya klasik. Pilihan warna gorden yang selaras dengan warna ruangan sehingga menampilkan kesan teduh, nyaman dan selaras. Untuk motif, anda dapat memilih gorden dengan motif renda bunga atau lainnya, sesuai dengan nuansa ruangan yang diinginkan. Ingat bahwa dalam hal ini kreatifitas juga sangat penting dalam setiap dekorasai yang dikerjakan. Hindari penggunaan gorden dengan bahan kain yang berat, gantilah dengan bahan yang lebih lembut dan ringan, seperti satin.

  • Gaya Modern Tradisional / Ekletik

Untuk ruang yang bertema modern tradisional (ekletik), anda memadu padankan motif bergaya tradisional atau pemilihan bahan dan warna yang mengarah kepada warna solid yang natural mendekati warna alam, seperti broken white, warna putih gading, warna jerami, dll.

Saran untuk gorden pada kamar anak, ikut sertakan mereka di dalam pemilihan motif karena akan memberikan rasa kepemilikkan dan personal sehingga mereka ikut merawatnya. Untuk anak yang masih berusia 6 s/d 15thn, motif sesuaikan dengan minat bakat mereka.

Menentukan Point Of Interest pada Ruang

Pada tahap ini, anda harus mengenali Point of Interest (sisi daya tarik ruang yang ditonjolkan) pada ruangan. Ini bertujuan agar gorden yang anda pilih tidak bertabrakkan atau bersaing dengan Point Of Interest, sehingga akan mengesankan keharmonisan dan tidak terkesan ramai.

Pemilihan Gorden juga dapat sesuaikan dengan warna dinding dan furniture yang ada disekitarnya. Anda juga dapat menyesuaikan model gorden dengan desain rumah. Contohnya, jika rumah Anda bergaya klasik, Anda dapat memilih gorden dengan model dengan desain yang rumit. Sedangkan jika rumah Anda bergaya minimalis, pilihlah model gorden yang memberikan kesan simple/sederhana.

Apabila di dalam ruang anda tidak memiliki Point of Interest, maka anda dapat menjadikan gorden sebagai Point of Interest. Pilihlah material yang memiliki motif yang memikat dan menarik untuk korden tetapi tetap selaras dengan tema ruang. Dalam hal ini penentuan warna, model dan motif menjadi hal yang penting. Dan beranilah bereksperiment dengan ide-ide anda.

Carilah refrensi sebagai panduan

Refrensi akan sangat membantu anda untuk memberikan gambaran korden seperti apa yang akan mendukung ruangan. Sehingga memberikan informasi keinginan akan efek yang ingin ditimbulkan dan sebagai bahan diskusi dengan spesialis korden.

Carilah refrensi dari manapun juga, baik internet, media cetak ataupun dari orang-orang yang anda anggap tahu untuk informasi pemilihan bahan, motif dan tipe yang bagus untuk ruangan anda. Ini akan sangat membantu mengantisipasi kebingungan yang anda alami ketika memilih bahan, model dan tipe korden karena mengingat banyaknya bahan, motif dan tipe korden dipasaran.

Menentukan tipe Gorden / Tirai

Selain menyaring sinar matahari dan debu, tirai merupakan elemen dekoratif yang mendukung kecantikan desain ruangan. Sentuhan akhir, seperti tassel, penting diperhatikan. Pilihlah desain tirai sesuai kebutuhan.

Menurut sifatnya, ada 2 jenis tirai, yakni tirai dekoratif dan tirai full-operate. Tirai dekoratif tidak harus dibuka dan ditutup, misalnya sheer. Sedangkan tirai full-operate bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan, misalnya tirai dan kerai

Berikut beberapa macam tirai yang perlu Anda tahu:

  1. Kerai / Wooden Blind

    Kerai adalah tirai yang terbuat dari non kain. Jenis ini memberikan privasi pada ruangan.Bentuk ini sangat efisien dan memberi karakter kuat pada ruangan. Alternatif bahannya adalah dari kayu, aluminium, atau kertas.

  2. Tirai Geser/Gorden
    Tirai geser lebih populer dengan nama gorden. Tirai biasanya dibuka dengan cara digeser ke arah samping. Bahan untuk tirai bisa bervariasi, seperti linen yang tebal dan terkesan berat, sutra yang lembut, beludru yang elegan, damask yang polos, tenun eksotis, atau bahan bertekstur. Warna dan motif penting diperhatikan. Sesuaikan dengan dekorasi keseluruhan.
  3. Tirai Lipat
    Tirai jendela terbuat dari kain yang bisa dibuka dan ditutup dengan cara sebagai berikut : 
  • dinaikkan (roman blind)
  • digulung (rolling blind) ke atas
  • dilipat kesamping (vertical blind).
  • Dilipat seperti Dasi Kupu-kupu

Bahannya bervariasi, mulai dari linen, kulit, kanvas, katun, sampai denim. Gorden/Tirai ini bisa dimanfaatkan di dapur, kamar mandi, atau kamar tidur anak. Untuk kepraktisan, Anda dapat mengkombinasikan jenis tirai yang ada.

Penentuan Kombinasi

Berikut adalah contoh kombinasi gorden yang umum :

  • Sheer/Vitrase dan Tirai/Gorden

Kombinasi tirai dengan sheer akan memberi kesan klasik dan elegan. Untuk siang, gunakan sheer/Vitrase dan tatalah tirai di sisi jendela. Sedangkan saat malam, pasang tirai untuk menjaga privasi.

  • Roller blind/roman blind dan Tirai/Gorden

Roller blind yang dikombinasikan dengan roman blind terkesan tidak berat dan memberikan privasi tinggi pada ruangan

  • Vertical Blind dan Roman Blind
  • Wood Blind dan Tirai/Gorden

Informasi kombinasi diatas hanya sebagai bahan refrensi saja. Bagaimanapun pengapplikasian pada ruangan tergantung dari ide kreatif dalam memadu madankan tema ruangan dan eksperiman memadukan model korden. Jangan takut untuk bereksperimen.

Harga Gorden

Harga atau budget untuk membeli gorden juga menjadi pertimbangan. Yang terutama menentukan harga suatu gorden antara lain bergantung pada bahan yang dipilih, model dan aksesories pelengkap gorden.

Setiap bahan mempunyai tingkat harga yang berbeda sehingga akan mempengaruhi harganya. Semakin rumit model juga akan menambah tingkat harganya. Selain itu, model juga mempengaruhi banyaknya bahan yang akan dipakai. Misalnya, model gorden yang memakai poni membuat penggunaan bahan lebih banyak.

Yang dapat menambah budget Anda adalah aksesoris pelengkap seperti tassel yaitu tali yang berfungsi mengikat gorden pada saat dibuka. Atau model baru untuk mengikat kain gorden adalah dengan curtain holder, yang mirip dengan sanggul dimana gorden dibuka dengan cara disanggul pada bagian tengahnya. Pelengkap lainnya adalah rel tempat menggantungkan gorden yang terbuat dari kayu, besi atau kuningan yang harganya berbeda.

Dekorasi gorden yang baik akan menyempurnakan ruangan dan dapat membuat Anda merasa nyaman. Maka, pertimbangkan hal-hal yang Anda inginkan dengan kehadirannya sehingga gorden atau gordyn akan hadir sebagai pelengkap yang menarik untuk interior rumah Anda, bukan hanya sebagai penutup jendela.

Sekian informasi diatas sebagai panduan Anda dalam memilih dan menentukan Model, Tipe, dan Bahan Gorden. Semoga panduan di atas ini dapat memudahkan anda dalam menentukan pilihan gorden yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anda.

Sumber:

Tulisan :

http://www.balipost.com/mediadetail.php?module=detailberitaindex&kid=7&id=59856

http://m.femina.co.id/article/mobArticleDetail.aspx?mc=006&smc=004&ar=31

Gambar :

http://www.google.com/imghp?hl=en&tab=ii

About these ads

Tentang vaastustudio

Berawal dari kecintaan kepada dunia desain, terbentuklah Va'astu Arsitektur Studio yang bergerak dalam ruang lingkup Arsitektur dan Desain Interior. Va'astu Arsitektur Studio selalu berusaha memberikan warna kepada hidup anda dengan desain yang dinamis, menarik dan anggaran yang terkontrol serta terjangkau. Misi Va'astu Arsitektur Studio adalah "Selalu berusaha mewujudkan mimpi desain ideal anda menjadi nyata" Email : vaastu.arsitektur@yahoo.co.id Office : 021 - 70507149 Mobile : 081999299039
Tulisan ini dipublikasikan di GORDEN / CURTAIN, INTERIOR DESIGN, TIPS AND TRICK, TOPIK INTERIOR dan tag , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Tips Memilih Gorden dan Cara Mendekorasinya

  1. Ping balik: Tips Menata Ruang Keluarga / Living Room | arsitekturvaastustudio

  2. Terimakasih informasinya.. sangat bermanfaat, terutama bagi para pemilik rumah baru…

  3. Famili Gorden berkata:

    Jenis-jenis tema ruangan, Point of Interes ilmu baru bagi saya dalam hal dekorasi ruangan…thanks atas share informasi bermanfaat tentang gorden ini..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s