Menyiasati Kamar Mandi Mungil 1,5m x 1,3m

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Vaastu Arsitektur Studio – Kita semua sering dihadapkan pada masalah keterbatasan ukuran ruang. Pada tulisan kali ini, kami akan membahas solusi bagaimana menyiasati keterbatasan ruang pada Kamar Mandi yang berukuran kecil.

Denah Awal

Denah Awal

Beberapa waktu yang lalu, seorang client mengajukan ukuran kamar mandi dengan ukuran bersih sebesar 1,5m x 1,3m. Beliau menginginkan Kamar mandi kering dengan Toilet duduk, area gantungan handuk, tempat peralatan mandi, bak mandi dan wastafel.

Tahap Pertama - Plan Zoning (Pengelolaan Area)

Tahap Pertama – Plan Zoning (Pengelolaan Area)

Tahap pertama, untuk menyiasati ukuran yang minimalis seperti ini, kami memulai dengan menentukan zoning (area wilayah), terutama untuk area kering dan area basah. Yang dimaksud area kering adalah toilet, dan area basah adalah area shower. Kedua area ini adalah area utama pada kamar mandi. Untuk membatasi area kering dan area basah, kami membatasinya dengan sekat kaca dan memberikan perbedaan ketinggian lantai di antara keduanya.

Pada tahap pertama ini, diantara pembaca bertanya kenapa antara toilet duduk dan shower harus diberikan sekat kaca dan perbedaan ketinggian lantai. Kami memilih sekat kaca karena memiliki warna yang transparan, sehingga tidak akan memberikan kesan sempit di kamar mandi, selain untuk menghindari tampiasan air ke toilet duduk ketika mandi. Untuk kemudahan perawatan toilet duduk, maka kami mengkondisikannya agar selalu dalam keadaan kering. Karena apabila lembab dan selalu terpapar air pada toilet duduk, maka dapat menimbulkan tumbuhnya lumut dan bakteri yang sering sekali sulit dibersihkan, karena lokasi tumbuhnya yang sulit di jangkau oleh tangan. Dan karena alasan yang sama, maka kami memberikan perbedaan ketinggian antara lantai toilet duduk dan shower.

Tahap Kedua - Denah Interior Kamar Mandi

Tahap Kedua – Denah Interior Kamar Mandi

Tahap kedua adalah mematangkan sirkulasi yang tepat agar tidak ada space yang terbuang sia-sia. Tahap ini juga menyingkapi besar ukuran pintu dan arah bukaan pintu kamar mandi yang tepat guna. Setelah mendapatkan sirkulasi yang tepat, maka sangat mudah untuk menentukan area handuk dan area tempat peralatan mandi.

Tahap Ketiga - Interior Board Plan

Tahap Ketiga – Interior Board Plan

Tahap ketiga adalah pematangan element pendukung di kamar mandi. Untuk permintaan bak mandi, kami memberikan alternatif dengan menggunakan gentong gerabah. Pemilihan penggunaan gentong gerabah dikarenakan tidak diperlukan space yang besar di dalam penempatannya dan dapat dipindahkan apabila tidak diperlukan. Pengajuan alternatif ini dikarenakan fungsi wadah bak air tersebut tidak bersifat permanen dan digunakannya hanya ketika saluran air bersih pada shower mengalami gangguan.

Untuk permintaan client akan adanya area wastafel di kamar mandi. Kami memberikan alternatif untuk penempatannya berada di area luar kamar mandi. Solusi ini kami ajukan karena ukuran kamar mandi yang terbatas dan tidak memungkinkan untuk adanya ruang wastafel.

Sekian proses bagaimana mendesain untuk kamar mandi yang memiliki ukuran yang kecil pada salah satu client kamu. Semoga tahapan-tahapan ini memberikan informasi dan wawasan pembaca dalam menyingkapi desain untuk kamar mandinya.

Jangan lupa untuk membaca “Tips Menata Kamar Mandi Kecil” untuk mendapatkan beberapa alternatif refrensi menata kamar mandi dengan ukuran kecil.

Apabila ada pertanyaan mengenai desain kamar mandi, maka vaastu studio sangat siap membantu anda dari segi desain dan pelaksanaan pembangunan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada kami,…:)

Tentang Nurrizka - VA'astu Studio

Nurrizka lahir di Jakarta, anak kedua dari empat bersaudara. Dibesarkan di Jakarta, dan mengembangkan minatnya yang kuat pada desain dengan mempelajari Seni dan Arsitektur di Universitas Islam Indonesia dari tahun 2001 sampai dengan 2006. Antara tahun 2007 sampai dengan 2010, dia bekerja pada konsultan arsitektur dan desain interior yang bertempat di Bali. Diantara tahun tersebut, dia juga berkreasi dan berkolaborasi dengan pengrajin perak memproduksi perhiasan dengan nama Kilau925. Di awal tahun 2010, dia kembali ke Jakarta dan memulai bekerja sebagai Arsitek, Interior & Produk Designer di Jakarta sampai dengan saat ini. Email : ika.architect@gmail.com vaastu.arsitektur@yahoo.co.id Office : 021 - 70507149 Mobile : 081999299039
Pos ini dipublikasikan di DESAIN INTERIOR, KAMAR MANDI, KITCHEN SET, PROJECT VAASTU ARSITEKTUR STUDIO, TIPS AND TRICK, TOPIK INTERIOR dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

30 Balasan ke Menyiasati Kamar Mandi Mungil 1,5m x 1,3m

  1. Masalah keterbatasan ruang seringkali menjadi masalah utama dalam pembangunan. sangat berterima kasih karena disini memberikan solusi yang memuaskan.

  2. pier berkata:

    pak, saya punya rencana membuat kamar mandi 1 x 2 dengan shower dan toilet duduk, apakah ukuran tersebut memungkinkan??

    • pier berkata:

      maksud saya ukurannya 1m x 2m…pak.

      • vaastustudio berkata:

        Apabila posisi pintu kamar pada sisi dinding yang berukuran 1m, maka masih dapat memungkinkan memakai layout ini dengan menggunakan pintu swing / pintu standart. Dan anda dapat memodifikasi arah toilet duduk. Contohnya pada shower, anda dapat menggunakan ukuran 70cm x 100cm pada area dinding dalam dengan posisi horizontal. dan ukuran sisanya yang dekat ke pintu sebagai area toliet dengan posisi horizontal juga. Sehingga anda masih memiliki space untuk pintu pada sisi pojok kanan dari dinding ukuran 1m tadi.
        Tetapi apabila pintu berada pada dinding yang berukuran 2m, maka layout bisa digunakan sama persisi tetapi dengan menggunakan pintu geser. Penggunaan pintu geser adalah untuk mendapatkan sirkulasi yang lebih luas, karena pintu swing akan memakan ukuran lebih besar daripada pintu geser (dalam kondisi terbuka tentunya).
        Sekian penjelasan dari kami. Apabila kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya.
        Thanks – Vaastu Arsitektur

  3. deadeot berkata:

    bentuk kamar mandi mungil di atas, sesuai dengan kamar mandi saya. Punya keinginan juga untuk membuat area basah dan kering, tapi karena ruang yg sempit, jd gak jadi. tapi lihat artikel ini, ternyata bisa juga ya.
    klo kira2 budget untuk pasang sekat kaca seperti itu berapa ya?
    thx

    • vaastustudio berkata:

      Dear Mba Dea,
      Untuk budget diperkirakan habis kurang lebih Rp 690.000,- untuk bahan dan tukang Rp 65.000,-/hari. Waktu pengerjaan diperkirakan memakan waktu 2 hari. Untuk bahan sendiri adalah kaca dengan ketebalan 1cm/10mm, kemudian pegangan kaca, yaitu list “u” alumunium dengan sistem tanam sehingga tidak terlihat dan material pendukung lainnya. Jadi perkiraan budget total pengerjaan adalah Rp 820.000,-. Note: perkiraan biaya ini hanya sebatas untuk pemasangan sekat kaca dan kaca yang digunakan adalah kaca biasa. Saran saya, untuk kaca pilihlah kaca tempered dan memang harganya bisa 2x dari kaca biasa tetapi lebih aman kedepannya. Dan maaf saya tidak memberikan budget dengan menggunakan kaca tempered karena saya tidak tahu berapa budget permeternya saat ini. Sekian informasi dari saya dan semoga dapat membantu dea. Thanks – Ika (Arsitek Va’astu Studio Team)

  4. Akai berkata:

    Design yang menarik cocok dengan kebutuhan saya, pembangunan dari awal membutuhkan biaya berapa untuk design seperti diatas (total jendral) ?

    • vaastustudio berkata:

      Dear Pak Akai, pertengahan tahun kemarin perhitungan kami untuk kamar mandi diatas adalah kurang lebih 24jt. Harga ini diluar dari perhitungan pengerjaan wastafel dan pondasi. Semua sudah menggunakan TOTO, keramik Asia Tile dan Roman serta Mozaic. Untuk tahun sekarang mungkin ada kelebihan sebar 10% s/d 20% mengingat sudah adanya 2x kenaikan harga material dipasaran. Sekian informasi dari saya.

  5. ummiii berkata:

    saya punya rencana membuat kamar mandi bentuk siku, menyesuaikan sisa lahan yang ada. ukurannya 1m x 2m + siku `1m x 1m, jadi total luas kamar mandi 3m persegi. penginnya terpisah ada area basah dan kering dengan shower, toilet duduk, wastafel n area untuk jemuran handuk. kira2 desain yang cocok biar kamar mandi ga terkesan sesak gimana ya??
    thx

    • vaastustudio berkata:

      Dear Ibu Ummii. Saya mengalami kesulitan pembagian zona karena disini ibu tidak menjelaskan posisi pintu pada ruangan siku kamar mandi tersebut. Untuk pembagian zona basah dan kering untuk ruangan siku dengan ukuran 3m persegi, maka pembagian zona sebagai berikut, untuk area shower atau basah adalah area yang memiliki ukuran 1m x 1m dengan pembatas ibu bisa menggunakan kerai plastik dan di depannya adalah area kloset duduk menghadap ke area shower. serta wastafel di daerah sisanya yaitu 1m x 1m tadi. Ukuran wastafel maksimal 35cm atau ibu bisa menggunakan wastafel yang berdiri tunggal/pedestal lavatory seperti tipe TOTO – LW827CJ/LW827FJ. Penggunaan lavatory ini untuk menghemat ruang dan ibu bisa menggunakan pintu dengan ukuran maximal 60cm. Apabila untuk mendapatkan space maksimal, saya sangat menyarankan ibu menggunakan pintu geser. Untuk penempatan area handuk, ibu bisa membaca tulisan saya dengan judul Tips Menata Kamar Mandi Kecil. Sekian penjelasan dari saya dan semoga mudah untuk dipahami. Terima kasih telah membaca blog kami.

  6. yudi berkata:

    pak saya mau buat kamar mandi dgn ukuran 1.5m x 2m kalau memakai bathtub dan closed duduk apa masih bisa trus utk posisinya gmn biar bagus, makasih

    • vaastustudio berkata:

      Dear Pak Yudhi,
      Bapak bisa menggunakan keduanya diruangan dengan posisi saling berdampingan dan tidak bisa menempatkan wastafel di kamar mandi tersebut. Ini dikarenakan panjang bathtube yang minimal dipasaran antara 160cm s/d 180cm. Saran saya agar ruanga kamar mandi bapak terkesan luas, maka berilah cermin dengan ukuran besar pada dinding yang berdampingan dengan toilet duduk. Dan jangan lupa untuk memberikan curtain/tirai sebagai pembatas air ketika anda mandi dengan menggunakan shower pada bathtube anda. Sekian informasi dari saya.

      Thanks
      Ika-Arsitek Vaastu Studio

  7. khris berkata:

    Pak kmr mandi sy yg sdg dibuat 2m x 1,2m..design yg pas bgmn? Apkh mungkin di dlm msk shower (area basah), closet duduk, wastafel? Tlg Beri mskan. Thanks

    • vaastustudio berkata:

      Dear Pak Kris,

      Untuk kamar mandi bapak, sangat mungkin untuk area basah dan closet duduk. Saya sarankan untuk wastafel diletakkan diluar ruangan yang berdekatan atau bersebelahan. untuk shower bapak bisa menggunakan luasan 1 x 1,2m dan sisanya untuk area closet duduk. untuk pintu apabila ingin mendapatkan ruangan yang luas maka menggunakan pintu geser pada area kering, yaitu closet duduk. sekian saran/masukkan dari saya.

      Thanks
      Tim VAastu Studio

  8. ayu atika berkata:

    slamat siang pak,spertinya design d atas mirip kamar mndi rmh baru saya,rencananya saya mw bkin seperti itu,tp tanpa wastafel.ukuran kamar mandi saya 1,5x1m.posisi kloset duduk sperti d atas persis,yg saya tnyakan kl dksi sekat kaca apa memungkinkan?atau hnya dksi tirai saja?

    • vaastustudio berkata:

      sangat bisa mba menggunakan kaca untuk sekat. pilihlah kaca berjenis kaca tempered dengan tebal minimal 10mm.
      Apabila mba ingin lebih aman lagi karena memiliki anak kecil, maka pilihlah akrilik transparant dengan tebal minimal 10mm. Bahan ini tidak mudah pecah karena berbahan dasar plastik. kekurangan bahan ini adalah apabila penggunaanya dalam jangka waktu lama akan kusam. Sekian infromasi dari saya dan terima kasih sudah menyempati membaca wordpress kami. Thanks – VAastu & Tim

  9. Humaidah berkata:

    Terima kasih tipsnya. Bermanfaat sekali. Kebetulan saya sedang merencanakan membuat kamar mandi dengan ukuran yang kurang lebih sama. Kira2 waktu pengerjaan ini sampai selesai berapa lama ya? Lalu kebutuhan seperti cat tembok dan semen itu berapa banyak ya dengan luas sebesar itu? Terima kasih informasinya.

    • vaastustudio berkata:

      Dear Ibu Humaidah,

      Untuk informasi kebutuhan speksifikasi pengerjaan. Ibu bisa menanyakan langsung ke tukang yang ditunjuk. Biasanya mereka sudah bisa membuat perkiraan kasar setelah melihat kondisi rumah ibu sebelum pengerjaan.

      Thanks
      Ika – Arsitek Vaastu Studio

  10. Masdi berkata:

    bagus, untuk referensi

  11. Putri Ramdani berkata:

    Makasih Banyak Artikelnya. Kebetulan Saya Sedang Ingin Membuat Rumah Dan masih Bingung Masalah Toilet, Ukuran Yang Sedang Saya inginkan Ada Yang 1 x 2 Meter Dan Ada Yang Cuma 1,5 x 1,2 meter. Apa Bisa Ya ?

    • vaastustudio berkata:

      Dear Putri Ramdani,

      Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami. Utk kamar mandinya sangat bisa diterapkan. Agar ruangan maksimal maka saran saya gunakan pintu geser yah:)

  12. gracia berkata:

    selamat siang..artikelnya menarik untuk kami…saat ini saya jg sedang membangun rumah dan kendala mslh toilet dengan uk. 1,5 x 2 untuk letaknya krn saya ingin ada kloset duduk,bak mandi yg agak besar,dan shower..terima kasih untuk infonya….Gbu

  13. Arie berkata:

    Makasih banyak artikelnya, kebetulan kamar mandi d rumah saya kurang lebih seperti ini, mau nanya kalo wastafel diganti dengan area wudhu bisa ga ya?trs kira2 gimana pakemnya biar air ga melebar kemana2.. makasih

    • Assalammuallaikum, Pak Arie,

      Terima kasih telah membaca artikel kami.
      Saran kami utk tenpat wudhu bapak digabungkan saja dengan shower. Krn apabila wastafel diganti menjadi area wudhu maka riskan area basah dan berbahaya karena akan membuat licin lantai disekitarannya.
      Sehingga spesifikasi keran pada area shower carilah yang memiliki 2 pengaturan pada 1 keran. Satu fungsi untuk shower dan satunya untuk keran biasa. Keran tipe ini bisa bapak cari dengan mudah di kenari jaya, pinangsia dan panglima polim.
      Ingat area wudhu masuk dalam kategori area basah bapak.
      Sekian jawaban saran dari kami bapak. Semoga memberikan inspirasi.

      Thanks,
      Tim – Vaastu Arsitektur Studio

  14. Arie berkata:

    Artikelnya sangat bermanfaat sekali. Mau nanya kalo area wastafel diganti dg area wudhu bisa tidak ya?dan gimana sebaiknya supaya air tidak bercecer kemana2.. makasih

    • yadhi suyapta berkata:

      Selamat siang,saya ingin merenovasi rumah dengan luas tanah 120M2 (8x15m) dengan kondisi dibelakang ada sisa tanah yang belum dibangun dengan ukuran 3×8 M2, saya ingin membuat bangunan/kamar 2 lantai (4 unit kamar dengan ukuran masing-masing 3x4m2 tanpa banyak merubah bangunan induk), yang dikamar masing2 sudah termasuk kamar mandi/wc.disamping itu saya juga ingin membuat ruang untuk jemur dan toren air di atas dapur ( gambar awal terlampir). saya menginginkan bangunan baru ini seolah-olah terpisah dengan bangunan induk, sehingga sirkulasi udara lebih luas.Tampak muka saya ingin ada perubahan sedikit ( minimalis modern)

      Ket gambar : warna kuning untuk kamar tidur,                        warna hijau unt teras dan disamping ruang jemur dan toren Mohon penjelasannya, kalau saya ingin membuat design seperti yang dimaksud berapa biayanya. Terima kasihYadhi SR

      • Dear Pak Yadhi Suyapta dan keluarga,

        Terima kasih telah membaca artikel kami. Untuk biaya desain renovasi rumah bapak, dihitung setelah tim kami survey ke lokasi untuk pengukuran dan mendengarkan perubahan apa saja yang bapak dan ibu inginkan. Sehingga kami bisa menentukan berapa luasan pasti yang akan kami desain. Tenang saja, tidak ada charge pada kedatangan pertama ke lokasi untuk kepentingan pengukuran.

        Dan tolong dikirimkan kembali ke email vaastu.arsitektur@yahoo.co.id atau ika.architect@gmail.com untuk data gambar yang bapak lampirkan pada pesan ini. Karena gambar data tersebut tidak terlihat pada pesan yang bapak kirimkan.
        Sekian infromasi dari kami dan semoga kami bisa berkarya untuk kelurga bapak dan ibu.

        Thanks,
        Tim VA’astu Arsitektur Studio

  15. gerry kharisma berkata:

    artikelnya bagus sekali, saya mau nanya apakah dibawah wastafel bisa ditaruh mesin cuci jga?

    terima kasih

    • Dear Pak Gerry Kharisma

      Terima kasih pak Gerry Kharisma telah menggunjungi wordpress kami. Untuk memanfaatkan mesin cuci dibawah wastafel tidak bisa bapak dikarenakan masih adanya saluran air kotor dengan sistem pipa leher angsa. Karena ketinggian ambang batas wastafel ideal adalah 75cm s/d 80cm sehingga tidak memungkinkan untuk meletakkan mesin cuci yang memiliki ukuran ruang minimal kosong dan bersih adalah 60cm x 60cm x 85cm(t).
      Sekian penjelasan dari kami. Semoga penjelas ini mudah untuk dipahami.

      Terima kasih
      VA’astu Arsitektur Studio dan Team

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s