Tips Padu Padan Furniture Putih Pada Ruang Keluarga / Living Room Dengan Tiga Tema ( Klasik – Modern Klasik – Minimalis )

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Vaastu Arsitektur Studio – Beberapa minggu yang lalu saya ditanya Mba Nurul untuk bagaimana memadukan furniture berwarna putih sehingga bisa beradaptasi dengan gaya Klasik, Modern Klasik dan Minimalis.

Dikarenakan pada tahun ini Even tahunan Salone Internazionale del Mobile 2012 yang diselenggarakan di Milan, Italy didominasi oleh furniture-furniture berwarna putih.

Sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu apa itu Salone Internazionale del Mobile 2012. Even ini adalah pameran furniture dan aksessories terbesar yang dimana memamerkan semua produk baru mereka dari tiap-tiap perusahaan furniture di seluruh dunia, terutama dari perusahaan furniture Italy sendiri. Even ini selalu diselenggarakan pada tanggal 9 – 14 April setiap tahunnya di Milan, Italy.

Nah, kembali ke pembahasan awal pertanyaan dari Mba Nurul di atas tadi. Yuks kita mulai bahas satu-satu.

Klasik ( Classic )

Klasik / Classic – Konsep Board Interior

Untuk yang ingin mengetahui tatanan furniture Klasik (Classic) dapat dilihat pada tulis “Tips Menata Ruang Keluarga / Living Room

Untuk memulai menatanya, berikut tips-tipsnya :

  • Untuk memberikan kesan klasik pada furniture sofa putih, tanpa harus mengganti cover. Maka cukup mengganti cover cushion anda dengan tema flora / diselaraskan dengan tema wallpaper dan memiliki corak / aksen warna emas dan perak. Tetapi apabila wallpaper anda memiliki corak/aksen emas dan perak, maka pilihlah cover cushion yang satu tema tetapi tanpa corak emas dan perak.
  • Pilihah desain coffe table yang memiliki ukiran dengan corak/aksen emas dan perak. Ini agar senada dengan ruangan dan memberikan kesan mewah.
  • Pilihlah satu element di dalam ruangan yang dijadikan point of view. Apabila element dinding yang dipilih, maka selaraskan semua element sehingga selaras sehingga tercipta keharmonisan.
  • Untuk pemilihan karpet, apabila anda menggunakan banyak pola pada dinding dan cushion, maka pilihlah warna plain atau natural. Ini untuk menghindari kesan ramai pada ruangan.
  • Pilihlah gorden dengan warna plain/natural tetapi dengan sistem pemasangan klasik. Salah satu contoh pemasangan klasik dapat anda lihat pada gambar. Apabila dinding, cuhion atau cover sofa menggunakan warna natural dan tanpa motif, maka untuk gorden pilihlah yang bertema klasik seperti pada wallpaper.
  • Untuk ornament seperti candeliaer/lampu gantung, lampu meja, dll, pilihllah yang bertema klasik dan memiliki pattern

Untuk pada padannya dapat dilihat pada Concept Board Plan Interior diatas.

Modern Klasik ( Classic Modern )

Klasik Modern / Modern Classic – Konsep Board Interior

Modern Klasik adalah penyederhanaan dari Klasik. Untuk menciptakan tema ini pada ruangan adalah dengan menambahkan ornamen-ornamen klasik. tetapi ornamen ini tanpa corak/aksen emas dan perak yang memberikan kesan mewah.

Biasanya ornamen klasik ini ditekankan pada pola wallpaper yang lebih ringan atau menggunakan cat satu warna saja pada ruangan, pemilihan cover cuhion dan gorden dengan tema flora dan simbol-simbol klasik tetapi dengan sistem pemasangan yang lebih sederhana. Pada furniture memang memiliki ukiran klasik tetapi yang telah disederhanakan sehingga tidak memberikan kesan mewah dan berat.

Apabila ingin memberikan aksesories klasik pendukung, anda dapat menambahlan lampu nakas ( Lamp Shade Table ) dengan pemilihan ukuran yang sederhana.

Untuk pada padannya dapat dilihat pada Concept Board Plan Interior diatas.

Minimalis

Minimalis – Konsep Board Interior

Desain minimalis merupakan aliran gaya desain modern yang sangat fungsional dan tidak memberi ruang pada bentuk ornamentasi atau hiasan sama sekali, dengan mengacu pada kaidah “less is more dan form follow function“.

Desain minimalis pada umumnya menggunakan warna-warna lembut, netral dan natural. Putih adalah pilihan klasik minimalis untuk memberikan kesan bersih. Untuk aksesori yang minim pada dinding untuk memperkuat kesan minimalis.

Bentukkan furniture minimalis sederhana karena lebih diutamakan pada pertimbangan fungsi. Dan kesan keindahan furniture seperti coffe table dan meja sudut lebih dominan warna kayu alami atau warna-warna solid tanpa motif.

Untuk Cover Cushion dan Karpet pun dipilih warna-warna plain atau natural dan satu warna sama dengan sofa atau bersifat gradasi dengan sofa. Ini dapat dilihat pada gambar.

Sehingga untuk furniture putih, akan sangat mudah dalam menciptakan tema minimalis pada living room.

Furniture ruangan bisa dipadu-padankan dengan warna dinding. Idealnya, warna perabot adalah warna yang senada dengan cat dinding. Bila tembok ruangan berwarna krem, usahakan warna perabot berkisar dalam warna monokrom krem atau yang senada. Pada pemilihan furniture lebih ditekankan kepada fungsi dan bentukkan sederhana serta di dalam penataannya tertata apik dan rapi untuk memberikan kesan yang luas.

Untuk pada padannya dapat dilihat pada Concept Board Plan Interior diatas.

Sekian proses Konsep Board Interior dari saya, semoga tahapan-tahapan ini memberikan informasi dan wawasan dalam memadu madankan furniture putih pada living room rumah pembaca.

Jangan lupa untuk membaca “Tips Menata Ruang Keluarga / Living Room” untuk mendapatkan refrensi menata ruang keluarga anda.

Apabila ada pertanyaan mengenai desain kamar mandi, maka vaastu studio sangat siap membantu anda dari segi desain dan pelaksanaan pembangunan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada kami,…:)

Tentang Nurrizka - VA'astu Studio

Nurrizka lahir di Jakarta, anak kedua dari empat bersaudara. Dibesarkan di Jakarta, dan mengembangkan minatnya yang kuat pada desain dengan mempelajari Seni dan Arsitektur di Universitas Islam Indonesia dari tahun 2001 sampai dengan 2006. Antara tahun 2007 sampai dengan 2010, dia bekerja pada konsultan arsitektur dan desain interior yang bertempat di Bali. Diantara tahun tersebut, dia juga berkreasi dan berkolaborasi dengan pengrajin perak memproduksi perhiasan dengan nama Kilau925. Di awal tahun 2010, dia kembali ke Jakarta dan memulai bekerja sebagai Arsitek, Interior & Produk Designer di Jakarta sampai dengan saat ini. Email : ika.architect@gmail.com vaastu.arsitektur@yahoo.co.id Office : 021 - 70507149 Mobile : 081999299039
Pos ini dipublikasikan di INTERIOR DESIGN, RUANG KELUARGA / LIVING ROOM, TIPS AND TRICK, TOPIK INTERIOR dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tips Padu Padan Furniture Putih Pada Ruang Keluarga / Living Room Dengan Tiga Tema ( Klasik – Modern Klasik – Minimalis )

  1. makasih infonya, sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s